Prosedur tune up sepeda motor biasanya dilakukan untuk mengembalikan atau menyesuaikan kondisi dari komponen motor kita sesuai dengan spek yang dikeluarkan oleh pabrik. Prosedurnya meliputi:

  1. Ganti Oli mesin. Periksa dahulu kapsitas dan kondisi oli mesin motor anda dengan cara melihat stik oli yang ada pada pada blok mesin sebelah kanan. Periksa tingkat kekentalan dan kebersihannya, bila oli sudah terlihat encer dan pekat, sebaiknya ganti oli mesin anda dengan oli yang direkomendasikan oleh pabrik motor anda. Caranya kuras oli dengan membuka baut pada bagian bawah blok mesin motor anda, tampung oli bekas tersebut agar tidak mengotori tempat anda bekerja. Tunggu hingga oli terkuras habis, kemudian pasang kembali baut pembuangan tersebut. Isikan oli baru dengan jumlah sesuai spesifikasi.
  2. Bersihkan karburator. Pembersihan karburator biasanya meliputi pembersihan jarum-jarum jet, mangkuk pelampung dan saringan udaranya. Deposit dari debu dan kotoran pada komponen2 tersebut dapat menghambat aliran udara dan bahan bakar yang masuk dan keluar dari karburator.
  3. Setel celah katup (untuk motor 4-tak). Untuk melakukan penyetelan katup diperlukan kunci khusus(SST) seperti kunci L dan untuk pemula sebaiknya gunakan feeler gauge untuk menyetel kerenggangan celah katup. Untuk menyetel celah katup, buka dahulu penutup katup, baik untuk katup masuk maupun katup buangnya. Untuk kerenggangannya, terdapat spesifikasi khusus (lihat di manual book motor anda), baik untuk celah katup masuk maupun katup buang.
  4. Bersihkan busi, periksa kondisi kabel busi dan tutup busi. Pertama-tama, buka tutup busi agar busi dapat dilepaskan dari blok mesin. Periksa kondisi kabelnya, apakah masih bagus atau sudah rusak(terkelupas atau robek). Berihkan kepala busi dengan sikat kawat atau amplas halus hingga keraknya hilang. Atur celah elektroda busi kira-kira 0.7-0.8mm dengan menggunakan feeler gauge.
  5. Terakhir tinggal setel rantai, jarak main tuas rem belakang (bila menggunakan sistem teromol), tekanan udara ban dan bersihkan karat pada panel aki

Sumber: http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080718044406AASBykc