Pada sebuah tabel data yang kompleks, kemungkinan terjadinya entri data yang sama sangat mungkin terjadi hingga terdapatnya duplikasi data yang sama. Untuk mengatasinya, Excel 2007 memiliki fasilitas khusus untuk menghilangkan duplikasi data pada sebuah tabel, yaitu dengan menggunakan Remove Duplicates.

Sebagi contoh, perhatikan tabel data berikut ini. Pada tabel tersebut terdapat data yang sama pada sel yang berbeda, yaitu sel A4, A7 dan A9.

Untuk menghilangkan duplikasi data tersebut, cukup tempatkan kursor didalam tabel data lalu klik menu Data dan pada ribbon-bar klik Remove Duplicates.

Excel akan menampilkan kotak dialog Remove Duplicates.

Pada kotak dialog ini, pilih kolom yang kemungkinan memiliki duplikasi data. Sebagai contoh, pilih kedua kolom sekaligus, yaitu kolom Nama Buah serta kolom Harga.
Perhatikan juga pilihan My data has headers, jika tabel data kita memiliki judul field pastikan pilihan ini aktif untuk memudahkan kita dalam melakukan pemilihan kolom yang sesuai.

Klik tombol Ok untuk menutup kotak dialog ini.

Excel kemudian akan menampilkan informasi tentang berapa buah duplikasi data yang berhasil ditemukan. Klik tombol Ok untuk menutup informasi ini.

Contoh hasil akhirnya seperti berikut ini.

Disini dapat kita lihat bahwa duplikasi data telah dihilangkan secara otomatis oleh Excel.

 
Sumber :  http://mugi.or.id/blogs/arhiez/default.aspx