* Blackberry PIN Cloning and PIN Suspend

Apa maksudnya pin suspend dan pin cloning dan apakah anda perlu kwatir?

Belakangan ini, ada banyak isu mengenai harus hati hati beli Blackberry di Indonesia karena masalah dengan kasus atau fenomena “curi” PIN Blackberry yang disebutkan Pin Cloning dan juga cerita bahwa Blackberry PIN akan kena pin suspend dimana Blackberry di blokir dan tidak bisa digunakan sama sekali untuk Blackberry Messenger BBM, browsing dan push email dan hanya bisa digunakan sebagai HP normal yaitu untuk call dan SMS.

* Apa itu PIN CLONING?

Dimana ada toko yang punya software untuk mencreate / generate pin blackberry untuk mengunakan dengan BB mereka.

* Kenapa Ada PIN Cloning:

Di pasar Indonesia (dan dimana mana), ada yang membeli dan import Blackberry yang sudah tersuspend dari luar negeri untuk dijual di Indonesia. Karena PIN sudah tersuspend dan tidak bisa digunakan lagi untuk layanan Blackberry sebiasanya, maka mereka akan “curi” PIN dan laukan PIN Cloning ke Blackberry rusak itu.

* Cara Curi PIN & Cloning:

Untuk cloning PIN, yang diperlukan adalah nomor PIN dan IMEI Blackberry yang belum terdaftar di Operator dan dengan software tersebut, teknisi bisa cloning PIN ke Blackberry nya. Mereka akan kunjungi toko toko untuk mencatat nomor PIN dan IMEI Blackberry untuk di cloning ke Blackberry mereka yang tersuspend untuk dijual kembali.

Jadi Kalau tanpa sengaja saya beli Blackberry baru yang sudah di cloning bagaimana?

Kembalikan ke toko yang garansi Blackberry anda dan minta ditukar dengan yang baru. Biasanya toko terkemuka yang jual Blackberry garansi distributor akan menggantikanya. Operator juga akan menggantikannya dengan yang baru jika Blackberry anda di garansi Operator.

Bagaiman Saya bisa tau bahwa Blackberry saya di cloning PIN?


* Ciri Ciri Blackberry Yang di Cloning

Ini dia ciri ciri Blackberry yang telah di cloning dan aktif bersamaan,

  1. Karena terjadinya double PIN, layanan akan bentrok.
  2. Bisa gunakan Blackberry Messenger tetapi kadang kadang tidak bisa send and receive
  3. Email Push juga bermasalah jadi kadang tidak bisa masuk
  4. Browser tidak bisa digunakan
  5. PIN Create / Generate Beda dengan PIN Cloning

Ada juga ahli Blackberry yang suka iseng untuk membuat nomor PIN cantik dan merobah pin BB mereka dengan software yang sama dan create atau generate PIN nomor cantik.

Setelah generate PIN, mereka dapat menggunakannya BBM seperti biasa. Tetapi, cara mainan ini tidak akan tahan lama karena RIM secara routine mengecek server nya dan akan menghapus PIN yang bukan resmi dari mereka dan BBM tidak dapat digunakan lagi.

Nah, celakanya kalau orang yang generate PIN ini tanpa sadar create PIN yang persis sama dengan yang punya anda!

BBM antara dua BB yang punya pin yang sama tentunya akan bentrok dan salah satunya tidak dapat digunakan dengan lancar. Biasanya PIN cloner akan sadar dan akan gantikan PIN nya karena mereka tidak punya etiked buruk untuk cloning PIN.

* PIN SUSPEND

RIM akan suspend Blackberry PIN yang telah dilaporkan hilang oleh pemiliknya melalui operator.

Jadi kalau anda membeli Blackberry yang di cloning berarti Blackberry tersebut sudah pernah diSuspend dan pin cloning tersebut tidak akan tahan lama dan beresiko di suspend kembali.

Blackberry yang dilapor hilang dengan nomor pin dan IMEI akan dicap HILANG ke server RIM yang berlaku ke seluruh dunia maka PIN itu di suspend dan tidak bisa digunakan untuk layanan Blackberry di seluruh dunia. Baca cara melaporkan hilang Blackberry anda dan Suspend PIN.

Cara Menghidari PIN Cloning dan PIN Suspend

  1. Beli Blackberry anda dari dealer resmi atau toko/teman yang anda bisa percaya. Usahakan beli yang bergaransi operator atau distributor.
  2. Kalau anda harus beli yang second/bekas, pastikan anda beli dari toko atau teman yang anda bisa percaya dan usahakan minta mereka garansi bahwa Blackberry yang dibeli bebas dari PIN cloning.
  3. Pastikan nomor PIN dan IMEI di blackberry anda sama dengan yang tercetak di kotak. Caranya, di blackberry handheld, ke options -> status
  4. Daftarkan PIN dan IMEI anda dengan Operator lewat Email Settings, baca Cara Registrasi PIN & IMEI.

Sumber : http://www.berryindo.com/pin-suspend-pin-cloning/