1. BAN 

Dalam cuaca basah, Bikes mesti periksa kondisi ban motor. Yang pertama adalah tekanan angin. Sesuaikan tekanan angin ban motor Bikes dan jangan biarkan ban motor kurang angin. Hal ini untuk menjaga stabilitas motor saat jalanan basah. Kedua adalah jalur ban. Bila jalur ban sudah tipis atau gundul, maka Bikes mesti menggantinya. Karena tipisnya ban akan berakibat fatal dan laju motor menjadi licin.

 

2. KAMPAS REM

Saat musim hujan, daya cengkram kampas rem akan berkurang akibat basah. Bila kampas rem Bikes sudah habis, segeralah ganti kampas rem. Jangan biarkan kampas rem tipis karena bisa menimbulkan kecelakaan saat Bikes melakukan rem dadakan.

 

3. RANTAI

Untuk rantai terbuka, lumasi rantai yang telah terkena hujan agar tidak cepat kering dan aus. Sedikit demi sedikit, air hujan akan menyusutkan pelumas di rantai Bikes. Secara tidak langsung, air hujan bisa mengkikis pelumas di rantai dan bisa menyebabkan rantai kering.

 

4. BUSI

Pastikan busi Bikes tertutup dengan benar oleh kepala busi. Kepala busi berfungsi sebagai pencegah masuknya air kala hujan atau saat jalan terendam banjir.

 

5. BOX FILTER

Bila Bikes melepas box filter pada karburator, maka untuk musim hujan harap dipasang kembali box filter. Jika box filter tidak terpasang, air hujan bisa langsung masuk ke karburator dan bisa mengakibatkan motor mogok.

 

6. KNALPOT

Jangan biarkan leher knalpot dalam kondisi basah. Jika dibiarkan, leher knalpot bisa berkarat dan keropos. Pastikan leher knalpot kering setelah terkena hujan atau banjir.

 

7. RODA / VELG

Gunakan lap bersih untuk mengkeringkan jari-jari roda yang kebasahan. Bila tidak, jari-jari pada velg Bikes akan keropos. Keropos pada velg memang tidak tampak di luar, tapi terjadi di dalam velg.

 

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6237918